Inilah 7 Kue Lezat dari Khas Berbagai Negara


Kue yang biasanya dijadikan suatu simbol perayaan atau hanya sekedar hidangan penutup memang mempunyai arti tersendiri. Sama seperti masakan pada umumnya, tiap negara juga mempunyai suatu kekhasan jenis kue yang keseluruhannya merupakan kue-kue yang lezat dan mempunyai ciri khas dari masing-masing ngara. Berikut beberapa jenis kue yang dari negara yang berbeda:

Black Forest

Mungkin jarang yang tahu bahwa kue Black Forest atau Schwarzwalder Kirschtorte yang terdiri dari lapisan bolu coklat dan whipped cream serta buah cherry ini merupakan panganan asli Jerman. Nama Black Forrest atau Schwarzwalder Kirschtorte ini diambil dari sebuah daerah yang terkenal dengan sari ceri campur minuman alkohol  yang merupakan komposisi khusus dalam membuat Black Forest.

Bibingka

Kue khas Filipina ini terbuat dari tepung beras dan santan yang dibungkus oleh daun pisang dan ditaburi oleh parutan kelapa. Bibingka mempunyai tekstur yang lembut dan kenyal dan lebih enak bila dimakan saat masih hangat. Bibingka biasa disajikan sebagai makanan khas diwaktu Natal oleh masyarakat Filipina.

Croquembouche

Kue tradisional yang merupakan hidangan penutup asal menara Eiffel berada ini berasal dari bahasa Perancis croque en bouche ini mempunyai makna ‘renyah di mulut’. Dalam penyajiannya, kue ini ditempel pada cokelat berbentuk kerucut dan diikat oleh benang karamel dan dihias oleh almond, bunga, maupun pita. Croquembouche biasa disajikan saat Natal dan acara pembaptisan.

Kue Bulan

Kue khas negeri Cina ini dapat ditemui saat festival pertengahan musim gugur atau yang lebih dikenal dengan festival kue bulan saat diadakannya festival ibadah dan menonton bulan. Kue bulan biasanya berisi pasta kacang merah, pasta lotus, dan telur kuning asin ditengahnya yang melambangkan bulan serta disajikan dengan teh khas Cina.

Yokan

Yokan adalah hidangan penutup khas Jepang berupa pudding tebal yang terbuat dari pasta kacang merah, agar-agar, dan gula. Untuk menambah kelezatan, Yokan biasanya berisi cincangan chestnut, buah ara, dan ubi manis serta dapat ditambah madu atau gula merah sebagai pemais. Puding lezat ini biasanya dijual dalam bentuk blok dan dinikmati dalam keadaan dingin saat musim panas.

Tiramisu

Kue dari bahasa Italia yang berarti ‘pilihlah aku’ ini merupakan salah satu kue yang terkenal di dunia. Terbuat dari campuran kopi, whipped cream, kuning telur, dan dibumbui dengan bubuk cokelat ini merupakan kue yang banyak difavoritkan. Arti dari nama Tiramisu sendiri dapat diartikan secara harfiah yaitu ‘buatlah aku bahagia’ ini dikarenakan bahan bakunya yang terdiri dari espresso dan bubuk cokelat yang dapat membuat orang senang karena rasanya yang enak.

Angel Food Cake

Kue spons dari Amerika Utara ini sudah popular sejak abad ke-19. Dinamakan Angel Food atau ‘hidangan malaikat’ adalah karena teksturnya yang halus dan lembut seperti gambaran seorang malaikat. Angel Food Cake ini merupakan versi lain dari kue terkenal lainnya yang dinamakan ‘Devil’s Cake’ karena terbuat dari mentega, sedangkan Devil’s Cake terbuat dari cokelat pekat. Kue ini dahulu dibuat oleh orang Amerika keturunan Afrika sebagai panganan wajab saat acara pasca pemakaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s