Singapura


Makanan Khas Dari Negeri Singa (Singapura).

1. Rojak

Konon katanya makanan ini dibawa oleh orang Tionghua yang asalnya dari Indonesia, sesampainya di Singapura makanan ini dimodifikasi baik dari segi isi maupun bumbunya. Isinya mulai dari buah, sayuran hingga dicampur dengan tahu goreng (taupok), juhi, cakue dan telur pitan. Pertama kali makan Rojak versi Singapura mungkin sedikit aneh rasanya tapi lama kelamaan lidah akan lebih terbiasa, malah jadinya ketagihan karena ada rasa renyah dari cakue atau tahu goreng, berbaur dengan rasa kacang yang kental yang ditaburkan diatas Rojak .

2. Curry Fish Head ( Kepala Ikan kuah Kari )

Ini dia makanan benar-benar asli dari Singapura. Ada yang bilang Mr. Gomez, seorang juru masak dari India yang bekerja di Singapura sekitar setengah abad lalu, melakukan percobaan memasak kepala ikan yang biasanya dibuang. Kepala ikan adalah langka di India, jadi kisah ini benar-benar mendukung kalau Fish Head Curry ini adalah makanan benar-benar khas dari Singapura. Kepala ikan yang besar ternyata masih banyak mengandung daging ikan, bagian pipi, bagian mulut dan juga mata bisa dimakan, biasanya yang dipakai untuk memasak menu ini adalah Ikan Merah, lalu dimasak dengan kuah kari yang kental dan dihidangkan dengan nasi atau roti. Ini adalah menu favorit para turis yang datang ke Singapura.

3. Char Kway Teow.

Sebetulnya ini bukan makanan khas Singapura karena di Indonesiapun banyak, kita sebut kwetiao atau kwetiau goreng. Kalau di Indonesia makanan ini bisa kita temui di restaurant chinese dimanapun, mereka pasti menyediakan kwetiao / kwetiau goreng. Jaman dulu makanan ini adalah makanan orang-orang kelas bawah karena di China tapi dengan makin populernya makanan ini maka sekarang makanan ini menjadi salah satu makanan favorit oleh seluruh kalangan. Bahan utamanya adalah tepung beras yang olah sedimikian rupa hingga bentuknya menjadi mirip mie yang lebar dan gepeng. Untuk versi Char Kway Teow adalah Kwetiau yang digoreng, sebetulnya ada juga cara pengolahan lain seperti dimasak dengan kuah (kwetiau kuah) atau disiram dengan kuah kental (kwetiau siram). Bahan campurannya bisa apa saja, biasanya pakai tauge / kecambah, sayur sawi.

4. Fried Carrot Cake.

Nama aslinya adalah “chye tow kway”. Entah kenapa disebut Carrot Cake, padahal makanan ini sama sekali tidak mengandung wortel dan juga disebut Cake mungkin karena makanan ini bukan temannya untuk makan nasi. Jadi hingga sekarang banyak orang juga bingung kenapa dipanggil Carrot Cake. Bahan utamanya adalah lobak yang dihancurkan dan dicampur dengan tepung lalu dikukus. Lalu cara menghidangkannya biasa digoreng dengan telur dicampur dengan bawang putih atau chye-poh. Jaman dulu biasanya makanan untuk sarapan tapi sekarang kapanpun dimanapun bisa dinikmati. Konon makanan ini berasal dari Tiociu, lalu oleh seorang penjualnya sedikit dimodifikasi dengan digoreng hingga renyah dan dilanjutkan oleh koki dim sum di Hong Kong dengan dikukus dengan kecap asin berbumbu. Saat ini yang biasa ditemui di Singapura ada 2 macam Fried Carrot Cake, yang hitam dan putih. Kalau yang hitam akan digoreng dengan kecap manis sehingga ada rasa gurih manisnya sedangkan kalau yang putih hanya digoreng biasa saja yang rasanya asin dan terkadang aroma lobaknya masih begitu terasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s